Jalan-jalan Ke Objek Wisata Pantai Tanjung Pakis Karawang

Informasi Wisata Karawang - Pantai Tanjung Pakis adalah salah satu tempat pariwisata yang ada di Kabupaten Karawang. Berlokasi di Desa Tanjung Pakis, pantai ini berjarak 70 km dari pusat Kota Karawang.

Ketika liburan tiba baik libur akhir pekan maupun libur panjang pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal Karawang maupun luar Karawang. Sehingga pantai Tanjung Pakis memiliki potensi yang baik untuk kedepannya.

Meski untuk menuju lokasi pantai tidak ada sarana kendaraan umum, namun minat warga mengunjungi lokasi wisata bahari ini tidak pernah surut. Kebanyakan pengunjung adalah rombongan keluarga dan pasangan muda-mudi dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. 

Untuk dapat mencapai lokasi wisata ada beberapa alternatif jalan yang dapat dilalui, alternatif yang pertama adalah melalui Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi untuk Anda berada di wilayah Cibitung. Dan alternatif kedua adalah melalui jalan underpass sebelum masuk pintu Tol Karawang Barat. 

foto-pantai-tanjung-pakis-terbaru


Apabila ingin lebih cepat sampai tujuan Anda dapat memilih jalur Bekasi, akan tetapi jalanan yang dilalui lebih menantang. Rute yang harus dilalui adalah Kabupaten Bekasi - Masjid At-Taqwa pondok pesantren KH.Noer Alie - lanjut lurus menuju Babelan. Jalur ini cukup menantang dan terjal, jadi sebaiknya jika musim hujan jangan melalui rute ini. Cocok untuk dilalui kendaraan off road, biasanya jalur ini sebagai jalur khusus truk Pertamina. 
Melanjutkan perjalanan, Anda akan melalui hamparan sawah kemudian pipa minyak, tidak jauh dari sana ada jembatan dan terdapat sebuah kapan terdampar. Daerah tersebut adalah Kali Cibe'el. Lanjutkan beberapa km lagi akan sampai pada perbatasan Kabupaten Bekasi - Karawang dengan ditandai oleh sebuah sungai besar, daerah ini dinamakan Muara Gembong. 

foto-pantai-tanjung-pakis-terbaru
Untuk melalui perbatasan sungai Muara Gembong Anda harus menggunakan rakit untuk menyebrang. Disana warga menyebutnya dengan istilah eretan. Eretan adalah satu-satunya moda transportasi untuk menuju ke Kabupaten Karawang dari Kabupaten Bekasi Muara Gembong. Dengan membayar Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 30.000 untuk mobil ditambah Rp 2000 untuk setiap orangnya Anda sudah dapat menuju ke sebrang.

Melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Pakis dari tempat penyebrangan Muara Gemong kira-kira 1.5 jam untuk sampai kesana, apabila sudah mendapati banyaknya tambak-tambak milik warga di setiap pinggir jalan itu tandanya sudah dekat dengan pintu masuk pantai.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Tanjung Pakis dikenai tarif tikek kurang lebih Rp 25.000 per orang. Biaya tersebut dikelola oleh pemerintah setempat untuk pembangunan kawasan pantai. Sebaiknya sesampainya di pantai mampir dahulu di tempat makan yang tersedia. Disana dapat ditemukan berbagai hidangan laut yang masih segar langsung dari laut dan tambak warga.

Jika Anda sampai di kawasan panatai sudah sore atau malam dan ingin menginap, disana juga disediakan penginapan murah, mulai dari tarif Rp 100.000 sampai dengan Rp 700.000 per kamar. Keesokan harinya Anda bisa main sepuasnya di pinggir pantai mulai dari sewa ATV, boat, dan permainan ketangkasan lainnya.  

Oh ya untuk rute menuju ke Pantai Tanjung Pakis lainnya dapat melalui jalan dekat Tol Karawang Barat, memang sedikit lama akan tetapi jalurnya lebih bagus dan tidak terjal. Selain itu Anda dapat menikmati wisata lainnya seperti Rumah Laksmana Maeda, Candi Batujaya, dan juga mengenang Chairil Anwar di Tugu Perjuangan Krawang-Bekasi. Selamat berlibur ke Pantai Tanjung Pakis, semoga liburan Anda menyenangkan.

0 Response to "Jalan-jalan Ke Objek Wisata Pantai Tanjung Pakis Karawang"

Post a Comment