10 Objek Wisata Karawang Alam, Pantai dan Religi

Info Wisata Karawang - Jika kita menjelajah Karawang lebih jauh lagi banyak sekali tempat-tempat wisata yang tersedia disana. Selain kota industri ternyata Karawang memiliki tempat pariwisata yang tak kalah dengan kota-kota sekitarnya seperti Purwakarta, Subang, Cikarang dan sebagainya.

Karawang saat ini tengah menjadi kota yang berkembang, baik dari segi, hal itu terlihat dari makin banyaknya pabrik, pusat perbelanjaan, dan hotel yang didirikan. Pun demikian dengan tempat wisata yang ada di Karawang seperti wisata pantai, gunung, sejarah, dan wahana kini telah banyak di kembangkan.

Beberapa tempat tujuan pariwisata di Karawang berikut ini mungkin dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan, khususnya bagi yang baru tinggal di Karawang ataupun dari luar kota sedang liburan.

10 Destinasi Wisata Karawang Yang Wajib Dikunjungi

1. Bendungan Walahar 

wisata bendungan walahar
Bendungan Walahar atau yang juga dikenal dengan sebutan Parisdo adalah sebuah bendungan yang terletak di wilayah Karawang Timur, tepatnya di Desa Walahar, Kecamatan Klari. Bendungan yang letaknya kurang lebih 10 km dari pusat Kota Karawang ini dahulu dibangun oleh kolonial Belanda. Tujuan di bangunnya bendungan Walahar untuk menanggulangi terjadinya banjir yang dahulu sering terjadi di Kabupaten Karawang Utara. Fungsi lain daripada bendungan juga sebagai pengairan sawah warga mulai dari Karawang hingga Purwakarta dan Subang. Wisata di bendungan walahar adalah menikmati uniknya bangunan bendungan yang di bangun dari puluhan tahun lamanya, serta dapat menikmati pemandangan aliran air sambil minum es kelapa dan makanan kecil lainnya yang dijajakan di pinggir bendungan. Selain itu makanan yang sangat terkenal di dekat bendungan walahar adalah pepes ikan jambalnya yang nikmat. Jika Anda bekerja di kawasan Kosambi sempatkanlah ketika pulang kerja untuk mampir sejenak melihat bangunan peninggalan sejarah ini.

2. Makan Syekh Quro


wisata religi makam syekh quro
Syekh Quro atau yang dikenal juga sebagai Syekh Hasanudin merupakan keturunan dari ulama besar yang berasal dari perguruan Islam di Campa, Syekh Yusuf Sidik. Syekh Quro semasa hidupnya banyak mendirikan tempat ibadah umat Islam di daerah Karawang, salah satunya adalah masjid yang saat ini menjadi Masjid Agung Kota Karawang. Makam Syekh Quro berada di Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang, jika ditempuh memiliki jarak kurang lebih 28 km dari Kota Karawang. Wisata ini termasuk ke dalam kategori wisata religi, kita berkunjung ke makam Syekh Quro dengan tujuan mengingat bahwa nantinya kita akan meninggal dunia juga, dan juga mengingat bahwa dahulu kala ada seorang pahlawan atau pejuang Islam di tanah Karawang yang patut untuk di hormati dan diikuti langkahnya.

3. Makam Singaperbangsa

makam singaperbangsa karawang
Wisata religi dan sejarah lainnya yang penting untuk dikunjungi adalah Makam Singaperbangsa. Makam Singaperbangsa adalah sebuah lokasi pemakaman khusus yang digunakan oleh para bupati Karawang terdahulu hingga saat ini. Lokasi Makam Singaperbangsa berada di Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya, bagian Utara dari Kabupaten Karawang. Cukup jauh dari pusat kota yaitu sekitar 40 kilometer ke arah Utara. Makam Singaperbangsa juga dimanfaatkan sebagai tempat menyelenggarakan upacara yang berkaitan dengan perayaan berdirinya kabupaten Karawang.


4. Danau Cipule


foto danau cipule karawang
Berada 20 km dari pusat Kota Karawang, Danau Cipule cukup menarik untuk dijadikan objek wisata lokal. Awalnya danau cipule ini hanya sebuah cekungan tanah akibat penambangan pasar yang besar dan luas. Seiring waktu berjalan menjadi sebuah danau yang cukup luas dan dalam. Danau Cipule berada di tepi sungai Citarum, Desa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel. Menurut informasi yang beredar, pemerintah berencana untuk membangun area wisata Danau Cipule ini menjadi lebih terpadu. Di sekitaran danau akan di bangun Hotel, restoran, kios cinderamata, pemancingan umum, wahana air serta lahan parkir bagi wisatawan.

5. Curug Cigeuntis

Objek wisat yang berikutnya adalah sebuah curug yang bernama Curug Cigeuntis. Curug Cigeuntis adalah salah satu tempat wisata di Karawang yang menjadi favorit banyak orang. Terletak di kaki Gunung Sanggabuana, perjalanan untuk menuju ke Curug Cigeuntis menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Untuk menuju ke lokasi air terjun sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua sepeda motor. Selama diperjalanan menuju air terjun terdengar aliran air di sungai sepanjang jalan yang memberikan suasana ketenangan. Berdasarkan kabar yang beredar pemerintah akan membangun wahana air di area air terjun guna mengembangkan wisata alam ini.

6. Pantai Tanjung Pakis

pantai pakis karawang
Selain wisata alam dan wisata sejarah, Karawang memiliki wisata pantai. Pantai yang cukup terkenal dan banyak pengunjungnya terutama saat libur akhir pekan adalah pantai Tanjung Pakis. Pantai Tanjung Pakis berada di Kabupaten Karawang sebenah ujung utara, dari pusat Kota Karawang kurang lebih 48 km. Pantai Tanjung Pakis memiliki deburan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok dijadikan tempat wisata terutama mengajak anak kecil. Pantai Pakis tepatnya berada di Kecamatan Cilamaya, dan posisi pantai sendiri ada di semenanjung antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Pantai yang memiliki pasir putih ini panjang nya 7 km meliuti Blok Bungin, Karang Jaya, dan Pakis. Di sekitar Pantai Tanjung Pakis terdapat penginapan, tempat outbond, tempat penyewaan perahu tradisional, dan beberapa fasilitas wisata lainnya.

7. Kawasan Situs Batujaya

situs batujaya canti blandongan
Karawang juga memiliki objek wisata situs yang berupa candi yaitu Situs Batujaya. Kawasan Situs Batujaya berada di Kecamatan Batujaya dengan luas mencapai 50 km2. Berdasarkan keterangan para peneliti dan ahli situs, kawasan situs Batujaya didirikan ketika abad IV masehi, saat masa-masa pemerintahan Kerajaan Tarumanegara. Saat ini telah diketahui terdapat 24 candi dengan bahan bangunan batu bata merah yang berada di kawasan situs Batujaya. Beberapa situs candi yang sudah tergali di Kawasan Situs Batujaya ini antara lain Candi Jiwa, Candi Blandongan, dan Situs Lempeng. Pada tahun 2009. Kawasan Situs Batujaya dijadikan sebagai pusat perayaan Tri Suci Waisak. Kawasan Situs Batujaya juga membuktikan bahwa orang Indonesia sudah mengenal teknik pembuatan gerabah pada masa itu.


8. Vihara Sian Jin Ku Po


Foto Vihara Sian Jin Ku Po
Karawang juga memiliki objek wisata religi lainnya yang berasal bangsa Cina. Adalah sebuah vihara temppat peribadatan umat Konghucu yang bernama Vihara Sian Jin Ku Po. Vihara ini dibangung oleh pra imigran asal Cina yang berada di Karawang, tepatnya di Dusun Bojong, Desa Tanjungpura. Menurut sejarawan Vihara Sian Jin Ku Po dibangun pada aband ke-17 Masehi. Nama Vihara Sian Jin Ku Po bukanlah nama seseorang tokoh tapi itu merupakan julukan bagi Mahasthamaprata, seorang Budhisatva yang melambangkan kebijaksanaan. Vihara Sian Jin Ku Po menjadi tempat ibadah umat Budha Mahayana. Selain itu, Vihara Sian Jin Ku Po juga dijadikan sebagai tempat tingga para biksu dan sekolah bagi para calon biksu.

9. Kawasan Agrowisata Mitra


Kawasan Agrowisata Mitra
Kawasan Agrowisata Mitra cukup mudah dijangkau dari tol Jakarta-Merak, karena lokasinya tidak jauh pintu tol Karawang Timur. Tepatnya berada di kawasan industri Mitra Karawang Timur. Dari pusat kota Karawang sekitar 15 kilometer jaraknya. Area danau yang asri dilengkapi beberapa arena permainan, selain itu Kawasan Agrowisata Mitra juga dilengkapi penginapan bagi pengunjung dari luar kota. Bagi Anda yang menyukai agrowisata dapat berkunjung kesini untuk mempelajari jenis-jenis tanaman dan juga bisa langsung petik buah yang ada di wisata agro ini mirip seperti yang ada di taman buah mekarwangi Cileungsi.


10. Bukit Sanggabuana


bukit sanggabuana
Tidak jauh dari Curug Cigeuntis, kamu bisa menemukan Bukit Sanggabuana yang terltak di kawasan wisata alam kaki gunung Sanggabuana. Di Bukit Sanggabuana ini kamu bisa menemukan beberapa objek wisata seperti Curug Cikoleangkak, Curug Ciomas, Kawasan Wisata Batu Tumpang, dan Curug Bandung. Semua menawarkan wisata alam yang sangat indah. Untuk para pecinta alam dapat menikmati panorama bukit Sanggabuana dengan murah meriah. Objek wisata alam yang ada di karawang ini masih asri dan penduduknya juga merawat keberadaan alam sekitar dengan baik, sehingga ketika penat karna sibuk kerjaan, tempat ini bisa dijadikan sebagai area refreshing ketika akhir pekan tiba.







Demikianlah daftar objek wisata alam, pantai dan sejarah Karawang, semoga dapat menjadi bahan referensi tujuan wisata Anda semua.

3 Responses to "10 Objek Wisata Karawang Alam, Pantai dan Religi"